Loading...

Mengetahui Bahasa yang digunakan Oleh Komputer

Sepertinya halnya manusia yang memiliki berbagai macam bahasa, begitu juga dengan komputer. Namun berbeda dengan manusia yang bahasa dasarn...


Sepertinya halnya manusia yang memiliki berbagai macam bahasa, begitu juga dengan komputer. Namun berbeda dengan manusia yang bahasa dasarnya bervariasi, tergantung suku, bangsa atau tempat bermukim. Komputer hanya mempunyai bahasa dasar yang berupa bahasa mesin. Bahasa mesin adalah bahasa yang hanya mengenal kode biner, yaitu kode yang berisikan angka 0 atau 1 saja. Bahasa ini sudah tentu sulit bagi manusia. Menulis program dengan bahasa mesin sungguh sangat menjemukan, dan menyita waktu bagi pemrogram.



Agar program mudah dibuat, maka akhirnya diciptakanlah bahasa pemrograman komputer yang lain. Pada dasarnya ada bahasa pemrograman komputer digolongkan menjadi dua :

  • Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level languages)
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level languages)
Bahasa pemrograman tingkat rendah sangat sulit untuk diimplementasikan bagi orang awam. Bahkan seseorang yang sudah mahir dalam suatu pemrograman bahasa tingkat rendah pada suatu jenis mesin, akan mengalami kesulitan memprogram dengan bahasa tingkat rendah.

Bahasa rakitan mempunyai kedudukan lebih tinggi daripada bahasa mesin. Sederetan angka 0 dan 1 akan digantikan oleh kode-kode singkatan yang lebih mudah diingat daripada deretan angka. Meski demikian bahasa ini tetap tergolong sebagai bahasa bertingkat rendah, karena berorientasi mesin.

Untuk mempermudah pembuatan program komputer, kode-kode yang digunakan harus tidak berorientasi kepada mesin. Berdasarkan keinginan seperti ini maka lahirlah bahasa pemrograman yang tingkatnya lebih tinggi. Bahasa ini berorientasi kepada bahasa yang digunakan manusia. Umumnya kata-kata yang digunakan menggunakan bahasa Inggris.

Contoh bahasa tingkat tinggi (high level languages) :
  • Pascal
  • Basic
  • Cobol
  • C dan C++
  • dll

Programming 7432178732423314706

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Blog Directories

Info Seputar Komputer
Teknik Komputer

W3 Directory - the World Wide Web Directory